Langsung ke konten utama

Nuby Dipeez Spoon: Melatih Sensorik Motorik Si Kecil






Selain saat melahirkan dan menyusui, pemberian makan untuk pertama kali bagi si kecil juga menjadi pengalamanku yang mendebarkan. Mulai dari cari-cari referensi menu, bahan-bahannya, peralatan MPASI, bahkan sampai mengulik berbagai ilmu MPASI pun aku lakukan. Kupelajari dengan cepat bagaimana menghadapi si kecil ketika GTM, tekstur yang tepat, porsi makan, variasi makanan, dan lain sebagainya.

Meskipun sudah mempersiapkan berbagai bekal MPASI, ternyata tetap saja deg-degan di awal memberi makan. Pikiran ini melayang-layang, nanti kalau tidak mau mangap bagaimana, kalau dilepeh bagaimana. Kemudian mak plong ketika putri kecilku makan dengan lahap dan raut wajahnya tampak antusias.

Perjalanan MPASI putri pertamaku tentu tak semulus kain sutera. Gerakan tutup mulut datang setiap bulan. Penyebabnya selalu saja silih berganti. Kadang karena tumbuh gigi, minta naik tekstur, bosan dengan menu makanannya, mau makan sendiri,  bosan dengan suasana, dan bosan dengan peralatan makan yang begitu-begitu saja.


Gonta-ganti peralatan makan pun aku lakukan. Hingga di sepertiga perjalanan MPASI, aku mengenal brand peralatan makan bayi yang sangat kece, yaitu NubyKebetulan sekali ketika menghadiri event “Mom Kece Jago Ngeblog”, aku kenalan sama produk terbaru Nuby. Di event yang diselenggarakan oleh Mom Academy Tangerang ini, para peserta diperkenalkan dengan Nuby All Silicone Dipeez Spoon.


Nuby All Silicone Dipeez Spoon

Perusahaan pertama di dunia yang menciptakan baby bottles, pacifier, dan cups ini, terus menciptakan inovasi-inovasi dalam menjawab kebutuhan perlengkapan tumbuh kembang anak. Setiap tahun produk-produk baru dibuat sesuai perkembangan zaman. Salah satunya dengan meluncurkan All Silicone Dipeez Spoon.

Dipeez spoon yang baru saja diluncurkan awal Maret 2020 ini, hadir untuk menemani si kecil dalam memulai self-feeding. Sangat cocok dan aman digunakan si kecil untuk berlatih makan sendiri. Walaupun demikian, orang tua juga tetap bisa menyuapi si kecil menggunakan sendok ini, kok.

Salah satu keunggulan dari sendok ini ialah ukurannya pas di genggaman si kecil. Si kecil dapat menggenggam di bagian tengah sendok. Bisa juga memegang bagian ujung. Tidak hanya pas di genggaman si kecil, orang tua pun nyaman memegang ketika menyuapi si kecil. Tidak licin atau terlalu kecil. 

Oh iya, ketika si kecil makan sendiri, tetap harus dalam pengawasan orang tua, ya. Apalagi jika si kecil masih belajar menyendok makanannya. 







Mengapa Nuby Dipeez Spoon? 

Pasti banyak pertanyaan, kenapa sih para bunda perlu meyediakan sendok dari brand yang berdiri sejak 1972 ini, di rumah. Ehem ini lho, keunggulan-keunggulan lain dari si sendok mungil ini.
  • Terbuat dari silikon
Seperti namanya, sendok ini terbuat dari silikon. Oleh karena itu sangat mudah dibersihkan. Bunda bisa menggunakan air mengalir maupun wipes khusus perlengkapan makan dan minum bayi. Selain itu, sendok ini tahan lama, lembut, fleksibel, BPA free, microwave safe, dan dishwasher safe, lho. Tidak mudah melepuh ketika disterilkan. Oh iya, oven safe juga hingga 180 derajat celsius.



  • Multifungsi
Tidak hanya berfungsi sebagai sendok, dipeez spoon juga dapat dipakai sebagai teether. Di ujung satu digunakan sebagai sendok. Ujung lain dapat dipakai sebagai teether. Apalagi di usia MPASI si kecil, pasti dibarengi dengan proses tumbuh gigi. Gigit sana, gigit sini, gigit ini,  gigit itu, menjadi aktivitas si kecil yang selalu dilakukan.

Serem ya, kalau gigit benda yang warnanya mudah luntur, atau bahannya rapuh sehingga mudah tertelan. Nah, dipezz spoon ini aman karena tidak mudah cuwil (rompak). Menariknya, dipeez spoon juga dapat membantu merangsang perkembangan gusi dan gigi si kecil. Juga membuat gusinya nyaman ketika gigi mulai bermunculan.

  • Bentuk dan warna yang unik
Sendok ini terdiri atas dua warna, yaitu biru dan pink. Memiliki ukuran 14cm x 5cm x 4 cm, sehingga mudah digenggam. Memiliki tekstur garis dan bulat-bulat. Warna dan bentuknya yang unik serta lucu ini dapat menggugah selera makan anak, lho bunda. Seperti yang kuceritakan di atas, salah satu faktor gerakan tutup mulut si kecil, ialah bosan dengan bentuk dan warna peralatan makan yang itu-itu saja, begitu-begitu saja tanpa variasi.

  • Antisedak
Ada empat bagian kiri kanan yang tampak seperti sayap kupu-kupu berlubang. Ini merupakan bagian penyangga. Penyangga di kedua sisi dipeez spoon berfungsi sebagai protektor. Sehingga si kecil dapat mengontrol penggunaan sendok agar tidak mudah tersedak. Sebab, pada dasarnya bayi dan balita sangat suka memasukkan makanan hingga mulutnya penuh. Jadi, aman deh digunakan si kecil untuk makan dan gigit-gigit tanpa khawatir terlalu dalam masuk ke mulut.




Melatih Sensorik dan Motorik Si Kecil

Kalau diperhatikan secara saksama, dipeez spoon ini dapat menstimulasi perkembangan sensorik dan motorik si kecil, lho. Seperti peribahasa “Menyelam sambil minum air”, bunda bisa mendapatkan berbagai manfaat dengan menggunakan satu benda mungil ini.

Pertama, sensorik taktil. Sensorik ini berhubungan dengan indera peraba yang dapat distimulusi dengan sentuhan dan tekanan. Ketika si kecil menggenggam dipeez spoon, ia akan merasakan tekstur yang berbeda. Tekstur bulat, bintik-bintik, garis melengkung, garis bergelombang, kotak, huruf N jika diletakkan horizontal, dan Z jika diletakkan vertikal. Tekstur-tekstur ini tidak hanya dirasakan si kecil ketika menggegam, namun juga ketika menggigit.

Tekstur-tekstur inilah yang dapat merangsang perkembangan sensorik si kecil. Sehingga di kemudian hari ketika bertemu kembali dengan tekstur-tekstur tersebut, ia tak lagi jijik maupun geli. Si kecil juga dapat mengenal tekstur empuk, keras, kasar, dan halus dengan sendok ini.

Kedua, motorik halus. Motorik halus berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot-otot kecil, koordinasi mata dan tangan. Nah, dipeez spoon ini tepat sekali untuk melatih motorik halus anak. Karena memang dihadirkan untuk melatih keterampilan tangan si kecil dalam proses makan sendiri. Bagaimana si kecil menyendok, membawa makanan ke mulut, sampai memasukkan ke mulut, membutuhkan koordinasi anggota tubuh yang hendaknya senantiasa dilatih.


Tips Agar Si Kecil Tidak Mudah Tersedak

Si kecil penah tersedak? Kalau anakku tentu pernah. Rontok hati ini ketika melihatnya tersedak untuk pertama kali. Ia menangis, aku pun ikut menangis. Meskipun panik, aku tetap berusaha menggunakan tata cara penanganan anak tersedak. Padahal sebenarnya, tersedak ini dapat dicegah, lho. Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat bunda lakukan untuk mencegah si kecil tersedak.
  • Porsi dan suapan
Berikan porsi dan suapan secukupnya, sesuaikan dengan mulut si kecil. Oleh karena itu, gunakan sendok yang nyaman dan pas untuk mulut si kecil, yaitu Nuby Dipeez Spoon.
  • Ukuran makanan
Berikan makanan dengan ukuran sedang. Sesuaikan dengan kemampuannya. Kenapa bukan disesuaikan dengan usia? Karena kemampuan makan setiap si kecil berbeda. Semua tergantung stimulasi dan kondisi fisiknya.
  • Bentuk makanan
Potong kecil makanan yang berbentuk bulat dan panjang. Ini perlu disesuaikan juga dengan metode MPASI apa yang bunda terapkan. Full BLW, Full spoon feeding, atau mix keduanya. Kalau putri kecilku sih mix, karena dokter tidak menyarankan BLW. Kupilih mix atas kemauan si kecil, bukan atas paksaanku.
  • Tekstur makanan
Berikan tekstur yang mudah lumat, lembut, tidak keras maupun terlalu kental. Sebab jika terlalu kental, makanan bisa lengket di rongga mulut si kecil. Jika terlalu keras, si kecil juga akan kesulitan menelan karena tidak lumer di mulut.





Review Nuby Wash Or Toss Bowl

Salah satu produk Nuby yang kugunakan ialah Nuby Wash Or Toss Bowl. Ini merupakan mangkok dengan penutup berwarna-warni. Sekalian bisa dipakai untuk mengenalkan warna kepada si kecil. Satu paketnya berjumlah empat buah. Cocok sekali digunakan untuk menyimpan cemilan si kecil.

Bowl ini kerap kubawa kemana-mana. Baik ketika putriku mengikuti kelas bermain, ketika aku menghadiri sebuah event, ketika kami bepergian, maupun ketika bertandang ke rumah saudara dan teman. Pasalnya, putriku ini jago ngemil. Ia akan resah dan rewel jika jadwal makan cemilan berlalu tanpa ada kunyahan yang masuk ke mulutnya. Apalagi ketika ikut menghadiri event, cemilan ialah senjata ampuh untuk membuatnya duduk manis.



Aku suka sekali dengan produk yang satu ini. Ukurannya pas, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Sehingga dapat dimasukkan tas tanpa menghabiskan banyak space. Cemilan yang bisa dimasukkan juga cukup, tidak terlalu sedikit maupun banyak karena bervolume 300 ml. Segala macam kacang-kacangan, biskuit, teri krispi, kentang mustofa, dan lain sebagainya dapat dibawa dengan aman.

Selain itu, tutupnya pas dan rapat sehingga tidak menyebabkan cemilan mudah melempem atau dimasukin semut. Satu lagi, gambar karakter yang lucu membuat si kecil senang menggunakan bowl ini. Uniknya, masing-masing bowl memiliki gambar karakter yang berbeda. Gambarnya pun bercerita, tak sekadar karakter yang berdiri, duduk, atau berbaring. 



Antara satu bowl dengan bowl lain bukan merupakan cerita bersambung. Ada cerita bajak laut. Juga ada cerita luar angkasa. Cerita tentang dinosaurus ada di bowl yang lain. Terakhir, cerita hutan lengkap dengan hewan-hewannya seperti gajah, singa, dan monyet. Kesemua cerita menggambarkan petualangan seru. Cocok sekali untuk si kecil yang serba ingin tahu. 

Jadi kebayang seumpama Nuby membuat gambar di bowl atau produk lain dengan rangkaian cerita yang bersambung. Sepertinya lucu, bisa sekalian untuk media mendongeng, deh. Buat jadi alternatif cara menarik agar anak yang lagi GTM, mau makan kembali.


Produk Nuby Bisa Dibeli di Mana?

Bunda tidak usah khawatir kesulitan jika ingin membeli produk-produk Nuby. Jika di baby shop sekitar rumah tidak menyediakan, bunda bisa membeli di official store Nuby pada marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Bunda juga dapat membeli di Mothercare, lho. Untuk mengintip-intip koleksinya, jangan lupa follow media sosialnya.

Instagram: @nubyindo
Fanspage: Nuby Indonesia


Bagaimana bunda setelah mengenal dipeez spoon? Sudah tidak ragu lagi kan untuk mengoleksi produk terbaru dari Nuby ini. Keunggulannya banyak, manfaatnya juga beranekaragam. Sebab, memilih perlengkapan makan si kecil di masa-masa MPASI itu perlu. Salah satunya untuk mempermudah para bunda dalam mendampingi si kecil melalui masa-masa ini dengan baik. Oleh karena itu, “Percayakan Nuby untuk Menemani Pertumbuhan Si Kecil #LoveBabyLoveNuby”.


#momacademy 
#momacademytangerang 

Komentar

  1. Memang moms Komunitas momacademy pada keren2 ngeblog dan menata foto2nya. Bunda mau donk bljr.

    BalasHapus
  2. Informasi yang informatif berguna dan bikin penasaran deh.

    BalasHapus
  3. Nuby selalu menjadi andalan orang tua perihal pedalatan makan si kecil ya

    BalasHapus
  4. Sendokny drancangbpas dg genggam anak ya mom.. jd ga kepanjangan dan kependekkan

    BalasHapus
  5. Sendok Nuby manfaatnya banyak ya. Makasih banyak reviewnya mom, aku jadi masukin sendok ini buat anakku nanti

    BalasHapus
  6. ini gemes banget ya selain sendok bisa jadi teether juga . warnanya juga cute.

    BalasHapus
  7. Sering liat ini aku juga k pngen beli sendoknya nuby buat si adek

    BalasHapus
  8. Lucu lucu yaa bentuknya ... Produk nubi emang selalu bikin gemes .. Aku aja auto suka apalagi anak anak

    BalasHapus
  9. Waktu anakku bayi, perlengkapan makan dan minumnya juga dari Nuby. Ini sendoknya gemes banget bisa sekalian jadi teether gitu. Warnanya juga cerah. Bayi pasti suka :))

    BalasHapus
  10. Produk nuby sungguh bikin gemes buah hati dan ibunya ya mom..

    BalasHapus
  11. nuby produk produknya selalu inovatif dan berguna banget ya

    BalasHapus
  12. Produk Nuby emg TOP bgt yah. Aku juga udah pakai produknya dari anakku masih new born

    BalasHapus
  13. Untuk perlengkapan makan bayi yang paling penting aman ya mam kaya nuby ini aku suka semua disain dan inovasinya

    BalasHapus
  14. Produk nuby ini inovasinya keren banget, aman dan desain nya lucu buat bayi

    BalasHapus
  15. Produk nuby ini inovasinya keren banget, aman dan desain nya lucu buat bayi

    BalasHapus
  16. Senaory motor oerlu dilatih, khususnya bisa di stimulasi dari cara bayi menggenggam. Pas banget ini produk Nuby, bisa digenggam oleh bayi ya kak

    BalasHapus
  17. Jadi ingat masa-masa MPASI. Alhamdulillah si kecil doyan pas awal-awal. Tapi makin gede makin malas makan wkwk. Emak harus cari kesana kemari solusinya. Btw sendoknya lucu, si kecil pasti sukaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Implora Day to Day Series, Tampil Manis dengan Make Up Minimalis

  Bisa make up dengan tenang tanpa direcokin anak pasti jadi dambaan perempuan dewasa. Ya, sebagaimana fitrahnya perempuan, yaitu bersolek. Merias diri agar tampak apik dipandang mata, menjadi hal naluriah. Sementara itu, sebagian ibu dengan anak balita, merias diri bisa menjadi aktivitas yang sangat menantang. Apalagi yang belum kenal dengan Implora Day to Day Series. Untungnya Implora series ini baru ada di akhir 2023, yang mana anakku sudah mulai memasuki masa kanak-kanak. Coba masih bayi, aku harus menyembunyikan dengan berbagai cara. Biar tim ungu series yang manis ini tak lekas rusak, sebelum habis dipakai. Paham kan ibu ibu di pelosok tanah air? 😁 Pas banget, ketika Implora day to day Series ini launching , aktivitasku semakin padat. Sejak Desember, aku mulai sering diminta menjadi narasumber, pemateri, atau pengisi acara. Di samping itu, kerap kali ada acara orang tua di sekolah. Aku butuh banget make up yang bisa dipakai sat set, plus dapat dibawa kemana-mana dengan mudah. Ak

Mau Kuku Tampil Cantik? Implora Nail Polish Bikin Makin Percaya Diri

  Ngomongin soal nail polish atau cat kuku, atau kutek, tidak seperti ngomongin lipstik. Perempuan yang memilih tidak memakai nail polish, lebih banyak daripada yang memilih tidak memakai lipstik. Tetapi, memakai nail polish sebenarnya hal yang lumrah. Ya, karena bagian dari fitrah perempuan, yang demen banget bersolek. Bahkan menggunakan nail polish, bisa bikin makin percaya diri. Apalagi kalau pakai Implora Nail Polish. Kapan aku mengenal nail polish, tentu sejak kecil 😁. Namun ketika berada di bangku kuliah, aku selalu memakai nail polish berwana hitam. Gemes sama warna ini. Ini berlangsung sampai aku bekerja. Tentu pakainya ketika si tamu bulanan datang 😁. Sejak hamil dan melahirkan, aku berhenti memakai nail polish. Hingga anak perempuanku, keranjingan memakai nail polish sejak usia 3 tahun. Kemudian di usianya yang ke-6, aku mulai berpikir, untuk mencoba memakai nail polish lagi. Karena, ia akan senang, dan merasa semakin dekat, jika aku masuk ke dunianya. Daaan kutemukan si Im

Bikin Betah! Series Barbie Ini Ajak Anak Berpetualang di Kala Liburan

  Ada yang seru di libur lebaran tahun ini. Barbie The Movies kembali tayang di televisi. Beuh ini mah gak cuma anak yang happy, emaknya juga hihihihihi.  Para emak alias ibu bisa sekalian bernostalgia. Betapa riangnya kala kecil hingga remaja, menonton petualangan Barbie di televisi, ketika libur sekolah tiba.  Terpesona gitu lho sama para Barbie. Udah cantik, elegan, berkarakter, pejuang keras, smart, pokoknya sosok yang oke deh. Walaupun tetap saja ada sifat negatif pada karakter utama, seperti ceroboh, dll. Ya, mirip manusia kan, punya kelebihan dan kekurangan. Banyak banget, kisah Barbie, yang telah lalu. Misal Barbie in the Nutcracker, Barbie as the Princess and the Pauper, Barbie of Swan Lake, Barbie: Fairytopia, Barbie in the 12 Dancing Princesses, Barbie and the Three Musketeers, Barbie: Mariposa, Barbie as Rapunzel, Barbie and The Magic of Pegasus, dan cerita Barbie lainnya. Kalau aku sih, sampai kuliah masih suka nonton series Barbie 😁. Soalnya penuh petualangan dan kejuta